Serapan Anggaran Minim


*Bupati harus Rangkul Kekuatan di DPRD
 
PEMALANG-Tantangan bagi Kepemiminan Pasangan Bupati dan wakil Bupati Pemalang, H Junaedi SH MM dan Mukti Agung Wibowo ST saat anggaran murni dari kepemimpinan Bupati dan wakil bupati terpilih telah digulirkan.
 
Anggota Dewan dari komisi D, Ikmaludin Aziz SPd yang mengungkapkan bahwa tahun 2012 adalah anggaran yang secara full dilaksanakan oleh pasangan terpilih.
 
“Tahun 2011 separuhnya  bupati lama dan baru. 2012 praktis dari pasangan bupati terpilih,”ungkapnya.
 
Dia menyampaikan bahwa tantangan yang pertama adalah bahwa penyerapan anggaran masih sangat minim, dia menyayangkan di beberapa SKPD masih sangat minim dalam penyerapan anggaran. Dia mencontohkan di Dindikpora Pemalang anggaran Rp 104.088.914.940 yang ada baru terserap Rp 198.521.700 atau jika dipresentase baru mencapai 0,9 persen. Sedangkan di DPU dari anggaran 47.641.307.000 baru terserap 695.374.800 atau hanya terserap 1.46 persen.
 
“ Ada apa ini, Sedangkan anggaran perubahan apakah cukup waktunya,”ungkapnya.
 
Jika kondisinya demikian, dia mengkhawatirkan jikalau program dipaksakan bisa berjalan, hasilnya akan tidak maksimal.  
 
“Dampaknya kami khawatirkan pembangunan terlambat pada akhir-akhir dilaksanakan, pembangunan tidak maksimal ,”ujarnya.
 
Pada sisi yang lain, dinamika di gedung dewan juga menjadi tantangan bagi Bupati dan pasangannya. Dia mencontohkan beberapa kali rapat tidak memenuhi kuorum seperti rapat paripurna, Rapat Banmus dan rapat banggar 2012/2013. Menurutnya, jika sesuatu itu terjadi di gedung dewan pasti ada alasan dari sikap itu.
 
“Ini ada apa?” kilahnya.
 
Bupati menurutnya harus segera mengambil tindakan politis dengan merangkul kekuatan-kekuatan yang ada di DPRD.
 
“Selama ini tidak pernah terjadi rapat paripurna tidak memenuhi kuorum untuk membahas perubahan anggaran 2012. Adalah tantangan tersendiri bagi bupati untuk merekrut kekuatan di DPRD disamping secara legal formal SKPD melaksanakan anggaran yang sudah ditentukan,”ujarnya.
 
Dia mengungkapkan selama dua tahun dirinya menjadi anggota dewan baru tahun ini terjadi semacam ini. (him)
Sumber : Radar Pemalang

0 comments

Write Down Your Responses

Diberdayakan oleh Blogger.