PKS Jateng Siapkan Caleg 2014

http://pks-jateng.or.id/foto/aa728c64228ab9dff41c1fd1306a663b.JPG
PKSPemalang - Usai ditetapkannya UU Pemilu yang akhirnya akan menggunakan kembali sistem proporsional terbuka, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jateng mulai mengatur strategi. Salah satunya dengan melakukan pencalegan dini.

Ketua PKS Jateng Fikri Faqih kepada wartawan, Minggu (22/4) mengatakan, dalam sistem proporsional terbuka, faktor individual menjadi sangat tinggi. Sistem ini menetapkan perolehan kursi ditentukan berdasarkan suara caleg terbanyak, sehingga cenderung mengarahkan masyarakat untuk memilih caleg daripada partainya. Karena itu, menentukan caleg yang berkualitas menjadi penting.

“Namun modal kualitas pun tidak cukup. Caleg juga harus punya cukup waktu untuk menyosialisasikan diri ke masyarakat. Karenanya jauh-jauh hari sebelum Pemilu caleg PKS akan direkrut dan diwajibkan menyosialisasikan diri di daerah pilihannya,” jelas Fikri.

Oleh karena itu pihaknya mulai menjaring caleg-caleg yang berkualitas untuk dimajukan ke parlemen. “Kita akan kumpulkan dan seleksi datanya dari daerah-daerah dan dikaji lebih lanjut. Individu-individu yang memenuhi syarat dan kualitas akan ditawarkan untuk menjadi caleg PKS pada Pemilu 2014 mendatang,” tandas politisi kelahiran Tegal tersebut.

PKS Jateng juga akan menjaring caleg yang berasal dari tokoh masyarakat yang saat ini masih berada di luar struktur partai. “Sebagai partai terbuka, kami siap mengajukan para tokoh masyarakat di luar struktur partai selama memenuhi syarat dan mengikuti kebijakan partai,” tegas Fikri.

Rencananya, momentum Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) yang diselenggarakan di empat zona nanti akan digunakan DPW PKS Jateng untuk menampung aspirasi yang berkembang dari daerah-daerah.
Rakorwil ini  berlangsung di Pemalang (21/4) untuk zona Daerah Pilihan (Dapil) 9 dan 10, Purbalingga (22/4) untuk Dapil 6,7,8, Karanganyar (29/4) untuk Dapil 4 dan 5, serta Demak (6/5) untuk Dapil 1,2 dan 3.
"Selain untuk meminta masukan-masukan dari daerah, Rakorwil, juga akan mensosialisasikan kebijakan pemenangan Pemilu DPP dan DPW PKS di Jateng. Target kami masuk tiga besar di Jateng dengan perolehan suara 12 kursi DPR RI, 14 kursi DPRD Provinsi, dan 210 kursi DPRD tingkat kota/Kabupaten," cetus Fikri.
( Andika Primasiwi , RED / CN26 / JBSM )
Sumber: Suara Merdeka

, ,

0 comments

Write Down Your Responses

Diberdayakan oleh Blogger.