Mendidik Kerjasama dan Kebersamaan Teman Sebaya

*Menilik Kegiatan Outbond yang Dipandu Garuda Keadilan
 
Anak-anak ceria mengikuti outbond yang dipandu garuda keadilan dalam rangkaian Family Gathering yang digelar DPD PKS Pemalang, Sabtu (14/7) lalu.
 
LAPORAN: HIMAWAN AR
 
Dalam rangkaian acara family gathering tersebut keluarga kader dikumpulkan di pendhopo pantai Pesiar Widuri, mereka mengikuti kajian bertema keluarga yang dibawakan oleh salah seorang ustadzah. Setelah kajian selesai, games digelar baik untuk pasangan suami istri  maupun anak-anak kader yang dipandu oleh personil garuda Keadilan.
 
Menurut Trainer dari garuda Keadilan, Ni'mah Rafidatullah dalam games yang dipandunya anak-anak dibagi ke dalam beberapa kelompok permainan sesuai dengan umur. Satu kelompok untuk TK dan SD kelas I,II,III dan Kelompok dua untuk anak kelas 5,6 dan SMP. Selain itu terdapat kelompok putra dan kelompok putri. Sedang beberapa permainan yang dimainkan antara lain estafet karet gelang, estafet Kelereng dan dinamika kelompok.
Estafet gelang dimainkan oleh anak-anak kelas 5,6 dan SMP, permainannya adalah anak-anak diminta untuk memindahkan karet gelang dari sisi paling belakang meuju ke depan secara estafet. Alat bantu yang digunakan adalah sedotan pendek yang kemudian diapit dengan mulut, untuk memindahkan tentu anak-anak harus mendekatkan wajah mereka untuk mengambil karet gelang yang ada di temanya.
Sontak hal ini menarik gelak tawa baik dari peserta maupun dari yang menonton. Nampak beberapa peserta menahan tawa karena melihat reaksi wajah teman-temanya. 
 
Begitu pula pada estafet kelereng, anak-anak kelompok  TK dan SD unuk memindahkan kelereng diberikan alat bantu sendok makan. Mereka harus mempertehankan keseimbangan agar kelereng yang dibawanya tidak jatuh. 
 
“Permainan ini untuk mendidik kerjasama dan kebersamaan peserta yang memang teman sebaya. Selain itu beberapa permainan juga untuk melatih konsentrasi dari anak-anak,“ungkapnya.
 
Ketua DPD PKS Pemalang, Ikmaludin Aziz SPd mengungkapkan bahwa agenda Family Gathering ini masih dalam rangkaian peringatan hari keluarga Nasional (Harganas). Menurutnya kegiatan ini sebagai sarana membangun sebuah kebersamaan sesama anak kader, sehingga mereka dapat saling kenal satu dengan yang lainnya.
 
“makanya game-game  yang kita berikan kepada anak-anak pun tidak terlepas dari sebuah kebersamaan,”ungkapnya.
 
Selain itu yang lebih penting lagi adalah anak-anak kenal partai ibu bapaknya sejak dini.
“lebih penting, mereka kenal PKS sejak dini,”tandasnya. (*)
Sumber  : Radar Pemalang

0 comments

Write Down Your Responses

Diberdayakan oleh Blogger.